Gubernur Banten Akan Gratiskan Test Covid-19 untuk Ojol di Tangerang Raya

Gubernur Banten Wahidin Halim berencana akan menggratiskan tes Covid-19 untuk seluruh ojek online yang akan beroperasi di Tangerang Raya.

“Gratis dari provinsi gratis,” ujar dia saat ditemui di Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Jumat (17/7/2020).

Wahidin Halim mengatakan dia akan menjaring siapa saja yang tidak mau mengikuti tes Covid-19 dan akan memberikan sanksi tegas.

“Nanti kita jaring, kalau mereka yang sengaja tidak mau ikut kita (membawa) pertanggungjawaban kepada pimpinan (pusat) nanti,” tutur Wahidin Halim.

Dia mengatakan saat ini Pemprov Banten masih memiliki target swab test sebanyak 14.000 dalam dua minggu ke depan.

Itulah sebabnya, lanjut Wahidin Halim, ojol diminta untuk segera melakukan swab test yang digelar oleh Pemprov Banten.

“Kita ada target swab, masih ada. Target dua minggu ini 14.000, kalau belum (ter-cover) kita target lagi,” kata Wahidin Halim.

Wahidin Halim juga menegaskan swab test tidak hanya untuk kalangan ojek online saja, masyarakat Banten secara keseluruhan bisa ikut dalam test swab atau tes Covid-19 lainnya yang disediakan Pemerintah Provinsi Banten.

“Rakyat Banten sudah kita siapkan, sopir juga kita wajibkan juga (tes Covid-19),” kata Wahidin Halim.

Adapun sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo mengatakan saat ini ada sekitar 28.000 ojek online di Tangerang Raya.

Namun, kata dia, jumlah tersebut masih belum terhitung berapa yang masih aktif atau tidak.

“Grab 13.000, Gojek 15.000. Total 28.000 untuk dua operator,” ujar dia.

Dari puluhan ribu ojol, yang mendapat tes swab graris oleh Pemerintah Provinsi Banten hari ini hanya menjangkau 700 ojol saja di Kota Tangerang.

Tri juga mengatakan masih ada tes lain di wilayah Tangerang Raya lainnya seperti di Tangsel dan Kabupaten Tangerang yang masing-masing memiliki jatah swab test gratis untuk 700 ojol.

“Minimal sudah ter-cover 2.100,” kata dia. [kompas]

0 Comment

Leave a comment