Jelang Pilkada 2020, Lobi-lobi Ketua Umum Partai Semakin Gencar

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020, para pimpinan partai hingga ketua umum partai politik mulai melakukan pertemuan. Sesuai dengan pengumuman terakhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemungutan suara untuk Pilkada 2020 akan berlangsung lima bulan lagi, pada 9 Desember 2020.

Berikut rincian pimpinan partai yang sudah melakukan pertemuan dalam beberapa waktu terakhir:

1. Airlangga – Prabowo

Senin, 6 Juli 2020, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertandang ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Airlangga mengatakan pertemuannya dengan Prabowo bertujuan untuk silaturahmi membangun stabilitas politik.

“Stabilitas politik akan semakin baik dengan silahturahmi, sehingga tentu silahturahmi ini akan mempersolid pemerintah,” kata Airlangga dalam konferensi pers di depan rumah Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, 6 Juli 2020.

Menurut Airlangga, mereka juga bertukar pikiran terkait sejumlah hal dalam pertemuan tersebut. Ia mengaku membicarakan persoalan geopolitik hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan berlangsung Desember tahun ini.

Airlangga mengatakan Golkar dan Gerindra sepakat untuk berkoalisi di sejumlah daerah yang menggelar pilkada. Dia mengklaim partai beringin memiliki banyak persamaan dengan Gerindra dan akan terus berkomunikasi secara intens.

Prabowo juga mengamini berbicara terkait pilkada dengan Airlangga. Selain itu, Menteri Pertahanan ini juga mengaku bertukar pandangan terkait persoalan kebangsaan.

“Membahas beberapa hal menyangkut kebangsaan, lingkungan strategis, sampai dengan kemungkinan yang di depan bagaimana kerja sama Golkar dan Gerindra mungkin di pilkada tertentu,” kata Prabowo.

2. Muhaimin – Grace Natalie

Di hari yang sama, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie juga bertandang ke Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Grace bertemu langsuung dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Dilansir dari Antaranews.com, belum diketahui apa saja yang menjadi topik pembicaraan kedua pimpinan partai ini. Namun dalam Pilkada 2020, kedua partai sejauh sudah sepakat melakukan koalisi di Pilkada Sumatera Barat 2020.

24 Juni 2020, PKB telah melakukan deklarasi dukungan untuk Faldo Maldini dan Febby Ft Bangso sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada Sumatera Barat. Faldo adalah Ketua DPW PSI Sumbar. Sementara Febby adalah Ketua DPW PKB Sumbar.

3. Airlangga – AHY

Kamis, 25 Juni 2020, Airlangga yang menjadi tuan rumah dan disambangi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Seperti pertemuan dengan Prabowo, Airlangga dan AHY pun membicarakan masalah Pilkada 2020.

AHY mengatakan Demokrat ingin membangun koalisi di daerah dengan Partai Golkar dalam Pilkada 2020. “Kalau itu kebaikan, bisa kita bangun koalisi di daerah,” ujar AHY.

Airlangga pun mengatakan akan ada 33 pasangan yang akan diusung bersama dengan Partai Demokrat. “Dalam Pilkada 2020, ada 33 pasangan Partai Golkar dengan Partai Demokrat, dan ada potensi 31 daerah lainnya,” ujar Airlangga.

Namun, Airlangga tidak memerinci siapa dan di mana saja pasangan calon yang diusung bersama Partai Demokrat tersebut.

Dalam era multipartai, kata dia, banyak kepala daerah yang berasal dari partai. Sehingga, Airlangga menuturkan dukungan dari partai politik, baik yang ada di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan juga dibutuhkan.

“Jadi (pertemuan) ini adalah pengalaman-pengalaman kerja sama antarpartai di dalam menata politik dan kehidupan berbangsa,” kata Airlangga.

4. Sohibul Iman – SBY

Kamis, 12 Maret 2020, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dan rombongan bertemu Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu, SBY masih menjabat sebagai Ketua Umum Parta Demokrat, sebelum AHY terpilih menggantikan posisi ayahnya, empat hari kemudian, pada 16 Maret 2020.

Pertemuan diadakan di rumah SBY di di Puri Cikeas, Kamis, 12 Maret 2020. “Beliau Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus pernah memimpin negeri ini 10 tahun. Tentu PKS ingin bertukar pikiran tentang apa-apa yang terjadi saat ini berdasarkan pengalaman dan pandangan beliau sebagai politisi dan negarawan,” ujar Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal dalam siaran tertulisnya.

Tak jauh berbeda, isu yang dibicarakan juga seputar Pilkada 2020. Selain itu, Mustafa juga menyebut isu yang dibahas yaitu yaitu Jiwasraya, Omnibus Law, RUU Pemilu, dan sederet persoalan bangsa hari ini.

5. Airlangga – Surya Paloh

Sementara itu empat bulan sebelumnya, Airlangga juga sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem SUrya Paloh. “Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh, selamat kembali ke rumah,” kata Airlangga saat itu, dalam pertemuan di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin, 9 Maret 2020.

Airlangga mengatakan Surya Paloh menghabiskan waktu 43 tahun di Partai Golkar. Usia pengabdian Surya di partai berlogo pohon beringin ini bahkan, kata dia, lebih tua ketimbang umur para anak muda pengurus DPP Golkar saat ini.

Menurut Poltiikus Golkar Meutya Hafid, pertemuan kali ini akan membahas kerjasama antar partai. Salah satunya, kata dia, akan ada pembahasan terkait Pilkada. Selain itu akan ada pembahasan ekonomi negara.

“Tentu pembahasan Pilkada saya rasa tak terelakan dalam situasi politik saat ini. Lalu bagaimana transformasi ekonomi atau restrukturisasi ekonominya yang menjadi challange negara saat ini, saya rasa itu juga akan dibahas,” kata Meutya saat diminta penjelasan soal pertemuan Airlangga dan Surya Paloh. [tempo]

0 Comment

Leave a comment