Ciputat, suarapolitik.com - SUKSESKAN, AGAR KITA BISA BERDAULAT.

Kementerian Pertanian percaya bahwa Indonesia adalah tempat terbaik di dunia untuk melakukan peternakan sapi, dari mulai pembiakan hingga penggemukan.

"Saya harus katakan tegas. Kalau mau tahu tempat peternakan sapi terbaik di dunia. The best place in the world is Indonesia," tegas Kepala Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas Sugiono saat berbincang dengan awak media di Premier Basko Hotel.

Buktinya, kata dia, Indonesia membutuhkan lahan yang jauh lebih sedikit untuk beternak sapi ketimbang negara lain seperti Australia.

"Australia butuh 5 hektare (Ha) untuk memelihara 1 ekor sapi. Indonesia hanya butuh 1 Ha untuk memelihara 5-6 ekor sapi," ujar dia.

Hal ini, sambung dia, dimungkinkan karena Indonesia adalah negara yang diberkahi dengan tanah yang sangat subur sehingga mampu menghasilkan rumput berkualitas yang kadar nutrisinya jauh lebih baik ketimbang rumput di negara lain.

"Yang membedakan adalah kesuburannya. Di Australia, Brazil, itu tanahnya gersang. Hanya sedikit yang subur. Indonesia dari Sabang sampai Merauke subur. Apalagi Papua. Sapi hanya butuh makanan hijau, dan Indonesia punya itu semua," tegas dia.

Untuk itu, menurutnya, tak ada alasan bagi Indonesia untuk selamanya menjadi negara pengimpor sapi. Karena Indonesia punya segalanya yang dibutuhkan untuk menjadi negara peternak sapi terbesar di dunia.

SALAM SUKSES!

M. NAS KHASAH