Sumatera Barat, suarapolitik.com - Pemuda gagah generasi cerdas itu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menebar senyum sportifnya menyambut gegap gempitanya jiwa masyarakat Ranah Minang Kabau yang ramah. Kunjungannya dari hari Senin tanggal 25 September hingga Rabu 27 September 2017, merupakan pertama kalinya di Sumatera Barat.

AHY menunjukan kecerdasan dalam memberikan kuliah umum di tiga perguruan tinggi yaitu di Universitas Bung Hatta, STIKES Fort De Kock, dan Universitas Eka Sakti. AHY sebagai Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute memberikan memotivasi di depan ribuan mahasiswa baru. Dia berpesan untuk menjadi generasi muda yang inovatif, kreatif, dan tentunya agar siap menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045.

AHY mengunjungi sejumlah daerah antara lain, Kota Padang, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Dia bertemu dan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh dan masyarakat setempat. Wisata dan kuliner juga menjadi salah satu agenda AHY, seperti Kelok Sembilan, ikon bersejarah di Sumatera Barat.

AHY menepis anggapan kedatangannya ke Sumatera Barat berkaitan dengan persiapan Pilpres 2019 mendatang. Dia mengatakan, “Nggak ada misi persiapan memperkokoh jaringan untuk Pilpres,” sanggah AHY saat hendak meninggalkan Kantor Gubernur Sumbar, kemarin, 25/09/2017.

AHY menjelaskan, kedatangannya murni untuk memenuhi banyaknya undangan yang sudah lama datang dari sejumlah kampus dan organisasi kepemudaan. Sekaligus, ingin bertatap muka dan menyapa masyarakat, khususnya generasi muda, dan mengajak semua elemen masyarakat, untuk bersama-sama menyonsong Indonesia yang lebih baik.

Kekaguman AHY terhadap Minang Kabau membuat dia ingin mengenal lebih dekat masyarakat Sumbar, yang menurutnya, sangat membanggakan. Sebab, Minangkabau banyak melahirkan cendekiawan, tokoh-tokoh dan pemimpin bangsa.

AHY juga menyampaikan, bahwa “Bapak (Susilo Bambang Yudhoyono) mengakui, jika beliau memiliki hubungan batin yang cukup dekat dengan masyarakat Sumbar,” terangnya. Dan itu ditunjukan oleh AHY dengan berteleconfrence dengan Presiden ke 6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di STIKES Fort De Kock.

Dalam kunjungan ini AHY didamping Anggota DPR RI Mulyadi dan Ketua DPD Perempuan Demokrat Rakyat Indonesia (PDRI) Sumbar Reska Oktoberia serta robongan. AHY juga bertemu dengan sejumlah tokoh, seperti Iwan Prayitno, H. Irfendi Arbi, Fauzi Bahar, Riza Falepi, Erwin Yunas, Mustafa dan lain-lain.

Hal lain yang tak lupa dia tunjukan tentang kebaikan dan kerendahan hatinya, adalah berfoto-foto bersama Amai-Amai Jelita serta pemuda lainnya. Semoga hal ini menjadi contoh, bahwa kita mesti bersatu. (MNK/ Adrian Bestari)