Indragiri Hilir, suarapolitik.com – Ikbal Sayuti adalah tokoh, pengusaha yang shaleh, baik hati dan intelektual. Dia merupakan anak muda berpolah konstruktif dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Pandangan dan pemikirannya jelas bahwa majunya suatu daerah tidak akan terlepas dari tingkat pendidikan, ekonomi dengan system pembangunan berkelanjutan. Semua itu akan bermuara pada tatanan hidup yang sehat serta berdaulat.

Rasanya tidak berlebihan jika tokoh-tokoh dan masyarakat daerah Indragiri Selatan, khususnya Kecamatan Reteh mendukung Ikbal Sayuti, putera daerah kelahiran Pulau Kijang ini untuk maju di Pilkada Indragiri Hilir pada tahun 2018 mendatang.

Dukungan Tokoh dan Pemuda

H Mansyur (H Aco), tokoh masyarakat Pulau Kijang, Kecamatan Reteh mengungkapkan, "Kami mendukung majunya Ikbal Sayuti sebagai Calon Wakil Bupati pada Pilkada Inhil tahun 2018 mendatang. Ikbal sebagai pemuda sukses di perantauan, maka sudah saatnya ia kembali dan berkiprah membangun kampung halamannya."

Sudirman SMHK didampingi tokoh masyarakat lainnya diantaranya Drs Hermansyah dan Sutan Syahril menyebutkan, "Ia (Ikbal) selama ini selalu aktif membantu warga di sini, baik dalam kegiatan sosial maupun kegiatan olahraga dan bahkan pada pelaksanaan MTQ Keritang lalu, ia mengumrohkan pemenangnya."

Ikbal Sayuti menanggapi dukungan tokoh dan masyarakat Indragiri Hilir dengan penuh sukacita, ia menjawab pertanyaan wartawan media suarapolitik.com dan lainnya; "Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat ini, dukungan ini menjadi motivasi saya agar dapat berkiprah membangun Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini."

Ikbal Sayuti Putera Terbaik

Ikbal Sayuti merupakan salah satu putera terbaik Indragiri Hilir Selatan yang sejak remaja sudah berbisnis, hidup mandiri dan membangun bisnis di negeri perantauan, Jakarta. Kesuksesan yang diraih tidak membuatnya melukan masyarakat dan daerah kelahirannya. Dia selalu member perhatian khusus dan memberikan sumbangan pemikiran dan sebagian materi yang dimilikinya.

Data Diri Ikbal Sayuti

Menempuh pendidikan Sekolah Dasar di SDN 004 (sekarang 008) dan pindah ke Madrasah Ibtidaiyah Darul Dakwah wal Irsyad, Pulau Kijang, menyelesaikannya pada tahun 1990. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Ponpes Walisongo, Ponorogo (tahun 1990), SMA Ferdy Ferry Putra, Jambi (1996). Lalu menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Jayabaya Jakarta pada Jurusan Ekonomi Manajemen Perusahaan (1996), serta pernah menempuh pendidikan S2 di Jurusan Ekonomi Syariah di Universitas Indonesia (UI).  

Sejak awal kuliah pada tahun 1996, ia sudah berusaha mandiri dan bekerja untuk membiayai kuliahnya, yakni pernah menjadi sales. Ia mengawali membangun dunia bisnis di bidang telekomunikasi, yakni Warung Telekomunikasi (Wartel), pada tahun 1997.

Bisnis Ikbal Sayuti

Pada usia usia 19 tahun menjadi Direktur PT Nursa Krahindo Abadi, kemudian membangun bisnis Wartel dibawah bendera PT Nursa Indo Kraha Sejahtera. Kemudian membuka usaha Agrobisnis (sarana produksi pertanian) wilayah Banten, Jakarta, Jawa Barat dibawah bendera PT Nursa Agro (2004). Kemudian, semua usahanya bergerak di bawah bendera Nusa Group dengan jabatan CeO.

Bisnisnya merambah ke agen Umroh dibawah bendera PT Nursa Tour and Travel (tahun 2010), mendirikan perusahaan property pada tahun 2016 dan tahun 2017 mendirikan PT Nursa Mulia Sejahtera bergerak di bidang perusahaan konsultan.

Ikbal Sayuti Aktif Berorganisasi

Ikbal Sayuti aktif dalam dunia organisasi Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), menjabat Sekjen (2016). Menjadi Ketua Serikat Tani Islam Indonesia (STII) Jakarta; Ketua Korwil Jakarta Masyarakat Petani Organik Indonesia (Maporina); Ketua Umum Anak Rantau Indragiri (Arindra), serta lainnya.

Menunjuk sejarah perjalanan Ikbal Sayuti, sejatinya pengalamannya merupakan suatu titik balik untuk maju bagi Indragiri Hilir Selatan, terutama dibidang perkebunan, pertambangan dan pertanian. (M. Nas Kasah/ Adrian Bestari)